Pengaruh Kinerja Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Sekolah
Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya
Ardi
ardidwikidevernando@gmail.com
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya Pengaruh Kinerja Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya. Tujuan ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Pengaruh Kinerja Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pemilihan sampel menggunakan teknik metode kuantitatif karena penelitian ini digunakan untukmeneliti populasi atau sampel tertentu, pengumpulan datanya menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau angka dalam statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya semester 2, 4, dan 6 yang berjumlah 80 mahasiswa yang mengisi angket kinerja dosen 46 mahasiswa. Data yang dikumpulkan menggunakan metode angket yang sebelumnya diuji validitas dan reabilitasnya. Persyaratan analisis menggunakan uji deskripsi, uji linearitas, dan uji hipotesis.
Hasil analisis data pada penelitian ini adalah ada pengaruh kinerja dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa sekolah tinggi agama buddha negeri sriwijaya, dengan nilai F sebesar 24,745 dan signifikasi 0,000. Sumbangan yang diberikan variabel kinerja dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa sekolah tinggi agama buddha negeri sriwijaya sebesar 0,360 atau 36% lebih kecil dari 0,05 dikatakan bahwa H0 ditolak atau H1 diterima.
Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel (Y) memiliki nilai sebesar R Square (R2) sebesar 0,360. Nilai ini menunjukan pengaruh kinerja dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa sebesar 36%. Maksudnya adalah bahwa angka 0,360 (36%) menyatakan tingkat pengaruh kinerja dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa termasuk dalam katagori sedang, karena tidak kurang dari 36%.