form informasi
DUMAS
 
Kontak & Lokasi Kampus
 
 
 
Untitled Document
Selamat datang di STABN Sriwijaya "Buddhistik Unggul Berkarakter". Anda memasuki wilayah Zona Integritas: bebas dari korupsi dan bebas dari gratifikasi    |    STOP PUNGLI !!! Kami TOLAK PUNGLI !!! Ada pungutan liar, laporkan ke: lapor@saberpungli.id ; Call Center: 0821 1213 1323; SMS: 1193 / 0856 8880 881 / 0821 1213 1323; Fax.: 021-345 3085   |   
 
 
Untitled Document
Pendaftaran Online
Program Reguler
Area Mahasiswa  -  Dosen
Alumni
Beasiswa
Galeri
Publikasi P2M
Publikasi P3M
Layanan Informasi
E-Journal
Kuliah Online
Repository
PPID
SW Penerbit
 
Kualifikasi Lulusan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
 
 

Profil Lulusan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

A. Guru SD/Mula Dhammasekha

B. Konsultan Pendidikan

C. Peneliti Pemula

D. Edupreneur

Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

A. Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air,
  5. Memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  6. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  7. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  9. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  10. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  11. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  12. Mengimplementasikan nilai-nilai ajaran Agama Buddha; dan
  13. Memiliki pola pikir kepemimpinan Buddhis di jenjang sekolah dasar.

B. Keterampilan Umum

 

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasiilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasar kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
  10. Mampu mengimplementasikan hasil penelitian untuk tujuan pemecahan masalah sosial kemasyarakatan; dan
  11. Mampu menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

C. Pengetahuan

 

  1. Menguasai konsep teoretis bidang pendidikan dalam kajian Kitab Suci Agama Buddha;
  2. Menguasai prinsip pembelajaran tingkat sekolah dasar;
  3. Menguasai wawasan manajerial dan kepemimpinan;
  4. Mengusai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar baik perkembangan fisik, psikologis dan sosial;
  5. Menguasai pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK;
  6. Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar;
  7. Menguasai konsep dan evaluasi proses dan evaluasi hasil pembelajaran di sekolah dasar;
  8. Menguasai wawasan administrasi pendidikan;
  9. Menguasai penelitian pendidikan, dan penelitian tindakan kelas;
  10. Menguasai konsep manajerial dan kepemimpinan;

D. Keterampilan Khusus

 

  1. Memiliki kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian, dan profesional;
  2. Mampu mengembangkan seni dan budaya Buddhis berciri kenusantaraan;
  3. Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran Pendidikan Tingkat Sekolah Dasar;
  4. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran;
  5. Mampu menciptakan inovasi di bidang pendidikan sekolah dasar;
  6. Mampu mengelola unit/lembaga/institusi pendidikan formal dan nonformal;
  7. Mampu melaksanakan dan mengelola administrasi sekolah formal dan nonformal;
  8. Mampu melaksanakan dan memanfaatkan hasil penelitian pada jenjang sekolah dasar;
  9. Memiliki kecakapan wirausaha di bidang pendidikan;
  10. Memiliki kecakapan melaksanakan bimbingan dan konseling Buddhis;
  11. Memiliki keterampilan berbahasa secara lisan dan tulisan;
  12. Menguasai wawasan manajerial dan kepemimpinan pada jenjang sekolah dasar
  13. Mampu menerapkan konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar baik perkembangan fisik, psikologis dan sosial;
  14. Mampu menerapkan pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK;
  15. Mampu menerapkan konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang invatif sebagai guru kelas di sekolah dasar; dan
  16. Mampu menerapkan konsep dan evaluasi proses dan evaluasi hasil pembelajaran di sekolah dasar.

 

 
 
Profil Bulan Ini
 
 
Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI
Upacara Bendera
   
 
 
 
     
 
Alumni Sukses
     
 
Tetap Berusaha dan Pantang Menyerah
Kesuksesan
   
 
 
 
     
Berita
 
 
Menuju Institut: Tim Ditjen Bimas Buddha, Biro Ortala, dan Biro Hukum Kemenag RI Lakukan Asesmen Lapangan dan Kendali Mutu STABN Sriwijaya
STABN Sriwijaya terus melangkah menuju transformasi kelembagaan menjadi institut.
   
STABN Sriwijaya Gelar Wisuda Sarjana Ke-18 dengan Tema
STABN Sriwijaya sukses menyelenggarakan Wisuda Sarjana ke-18 dengan penuh khidmat dan semarak
   
 
 
 
     
 
Artikel
     
 
Paus dan Semiotika Pesan Bagi Indonesia
Jika saya bertemu langsung dengan Bapa Suci Paus, pemimpin tertinggi umat Katolik dunia, saya akan bingung menyapa beliau dengan salam apa?
   
Bahaya Perjudian dalm Perspektif Agama Buddha
Perjudian adalah aktivitas yang telah ada sejak zaman kuno dengan mempertaruhkan uang atau barang berharga dalam permainan atau acara dengan harapan m
   
 
 
 
     
    All Right Reserved © STABN SRIWIJAYA