Untitled Document
|
Pendaftaran Online |
|
|
Program Reguler
Area Mahasiswa - Dosen |
|
|
Alumni |
|
|
Beasiswa |
|
|
Galeri |
|
|
Publikasi P2M |
|
|
Publikasi P3M |
|
|
Layanan Informasi |
|
|
E-Journal |
|
Kuliah Online |
|
Repository |
|
PPID |
|
SW Penerbit |
|
|
Kualifikasi Lulusan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|
|
Profil Lulusan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
A. Guru SD/Mula Dhammasekha
B. Konsultan Pendidikan
C. Peneliti Pemula
D. Edupreneur
Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
A. Sikap
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan
sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas
berdasarkan agama, moral dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah
air,
- Memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara
dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan
kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian
terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan
bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di
bidang keahliannya secara mandiri;
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan
kewirausahaan;
- Mengimplementasikan nilai-nilai ajaran Agama Buddha; dan
- Memiliki pola pikir kepemimpinan Buddhis di
jenjang sekolah dasar.
B. Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan
inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan
bidang keahliannya;
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasiilmu
pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai
dengan keahliannya berdasar kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka
menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi
saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan
mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas
dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman
perguruan tinggi;
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks
penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis
informasi dan data;
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan
pembimbing, kolega, sejawat, baik di dalam maupun di luar lembaganya;
- Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja
kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan
yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok
kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran
secara mandiri;
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan
menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
- Mampu mengimplementasikan hasil penelitian untuk tujuan
pemecahan masalah sosial kemasyarakatan; dan
- Mampu menyusun hasil kajiannya dalam bentuk
kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman
perguruan tinggi.
C. Pengetahuan
- Menguasai konsep teoretis bidang pendidikan dalam kajian
Kitab Suci Agama Buddha;
- Menguasai prinsip pembelajaran tingkat sekolah dasar;
- Menguasai wawasan manajerial dan kepemimpinan;
- Mengusai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta
didik di sekolah dasar baik perkembangan fisik, psikologis dan sosial;
- Menguasai pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah
dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK;
- Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model,
metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru
kelas di sekolah dasar;
- Menguasai konsep dan evaluasi proses dan evaluasi hasil
pembelajaran di sekolah dasar;
- Menguasai wawasan administrasi pendidikan;
- Menguasai penelitian pendidikan, dan penelitian tindakan
kelas;
- Menguasai konsep manajerial dan kepemimpinan;
D. Keterampilan Khusus
- Memiliki kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian, dan
profesional;
- Mampu mengembangkan seni dan budaya Buddhis berciri
kenusantaraan;
- Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran
Pendidikan Tingkat Sekolah Dasar;
- Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam
pembelajaran;
- Mampu menciptakan inovasi di bidang pendidikan sekolah
dasar;
- Mampu mengelola unit/lembaga/institusi pendidikan formal
dan nonformal;
- Mampu melaksanakan dan mengelola administrasi sekolah
formal dan nonformal;
- Mampu melaksanakan dan memanfaatkan hasil penelitian pada
jenjang sekolah dasar;
- Memiliki kecakapan wirausaha di bidang pendidikan;
- Memiliki kecakapan melaksanakan bimbingan dan konseling
Buddhis;
- Memiliki keterampilan berbahasa secara lisan dan tulisan;
- Menguasai wawasan manajerial dan kepemimpinan pada jenjang
sekolah dasar
- Mampu menerapkan konsep tentang karakteristik perkembangan
peserta didik di sekolah dasar baik perkembangan fisik, psikologis dan sosial;
- Mampu menerapkan pengetahuan konseptual bidang studi di
sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan
PJOK;
- Mampu menerapkan konsep kurikulum, pendekatan, strategi,
model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang invatif sebagai
guru kelas di sekolah dasar; dan
- Mampu menerapkan konsep dan evaluasi proses dan
evaluasi hasil pembelajaran di sekolah dasar.
|
|
|
|
|