Untitled Document
|
Pendaftaran Online |
|
|
Program Reguler
Area Mahasiswa - Dosen |
|
|
Alumni |
|
|
Beasiswa |
|
|
Galeri |
|
|
Publikasi P2M |
|
|
Publikasi P3M |
|
|
Layanan Informasi |
|
|
E-Journal |
|
Kuliah Online |
|
Repository |
|
PPID |
|
SW Penerbit |
|
|
Kualifikasi Lulusan Prodi Ilmu Komunikasi Buddha |
|
|
Profil Lulusan Prodi Ilmu Komunikasi Buddha
- Public Relation
- Corporate Communication (Customer Relation, Marketing Communication, Communication Consultant)
- Penelitian Ilmu Komunikasi (Communication Researcher)
- Praktisi Media Massa (Corporate Media Consultant, Jurnalis, Presenter Televisi, Penyiar Radio, Reporter, Script Writer, Communication Entrepreneur, Fotografer Jurnalistik, Editor Media, Kameramen, Produser Film, Youtuber, Produser TV dan radio)
Capaian Pembelajaran Prodi Ilmu Komunikasi Buddha
A. Sikap
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
- Menjunjung tinggi nilai
kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan
mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban
berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara
yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa
tanggungjawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman
budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan
orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki
kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Taat hukum dan disiplin dalam
kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi nilai, norma,
dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab
atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Menginternalisasi semangat
kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Menginternalisasi nilai samma vaca dalam setiap kegiatan
komunikasi.
B. Pengetahuan
- Menganalisis konsep samma vaca sebagai landasan
komunikasi.
- Menganalisis konsep dasar ilmu
komunikasi meliputi definisi, unsur, bentuk, model, serta prinsip
komunikasi.
- Mengkorelasikan etika dalam
membangun dan melestarikan hubungan masyarakat serta nilai-nilai
kemanusiaan (humanity values).
- Menelaah teknik komunikasi
dalam berbagai ruang lingkup komunikasi, yakni komunikasi intrapribadi,
antarpribadi, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, komunikasi
massa, dan komunikasi lintas budaya.
- Mengkorelasikan konsep samma sati dan samma samadhi sebagai bentuk komunikasi intrapribadi.
- Menganalisis konsep teoritis
tentang teknik negosiasi, komunikasi persuasif, citra dan reputasi
organisasi.
- Menganalisis konsep teoritis
tentang perilaku konsumen, strategi komunikasi pemasaran, dan marketing mix sebagai bagian dari
komunikasi bisnis.
- Menganalisis prinsip dan isu
terkini dalam bidang sosial, budaya, ekonomi, politik, agama, serta
teknologi informasi dan komunikasi.
- Mengkontruksi pengetahuan
tentang literasi media dan informasi, media kritis, serta perkembangan
media massa.
- Menganalisis teori tentang
jurnalistik, broadcasting,
teknik pengambilan gambar, dan teknik penulisan naskah drama.
- Menelaah konsep tentang teknik
vokal, teknik pencahayaan, teknikaudio visual, dan editing dalam pembuatan media komunikasi.
- Mengevaluasi permasalahan
komunikasi, sosial dan keagamaan Buddha secara ilmiah.
C. Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran
logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau
implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang
keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja
mandiri, bermutu, dan terukur.
- Mampu mengkaji implikasi
pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya
berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan
solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
- Mampu menyusun deskripsi
saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan
tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
- Mampu mengambil keputusan
secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya,
berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu memelihara dan
mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di
dalam maupun di luar lembaganya.
- Mampu bertanggung jawab atas
pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi
terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada
di bawah tanggung jawabnya.
- Mampu melakukan proses evaluasi
diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan
mampu mengelola secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan,
menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan
mencegah plagiasi.
D. Keterampilan Khusus
- Mampu berkomunikasi secara
efektif berlandaskan nilai-nilai samma
vaca.
- Mampu mengaplikasikan teknik
komunikasi dalam berbagai ruang lingkup komunikasi.
- Mampu bernegosiasi secara
persuasif dalam kegiatan public
relation dan corporate
communication.
- Mampu mengidentifikasi
prinsip-prinsip public
relation dalam membangun citra dan reputasi organisasi.
- Mampu memprediksi perilaku
komsumen berdasarkan strategi komunikasi pemasaran dan marketing mix.
- Mampu melakukan penelitian di bidang komunikasi dengan
metode kuantitatif dan kualitatif.
- Mampu mendemonstrasikan
teknik-teknik pengambilan gambar, editing, dan reportase dalam membuat
berita.
- Mampu membuat perencanaan strategis kegiatan komunikasi
dalam mendukung tercapainya tujuan komunikasi.
- Mampu menghasilkan media atau produk komunikasi.
- Mampu menampilkan simbol Buddhis dalam media atau
produk komunikasi.
- Mampu memanfaatkan media digital untuk kegiatan
komunikasi.
- Mampu merancang naskah berita sesuai dengan
prinsip-prinsip jurnalistik.
- Mampu memanfaatkan ipteks untuk menghasilkan
media komunikasi.
|
|
|
|
|