form informasi
DUMAS
 
Kontak & Lokasi Kampus
 
 
 
Untitled Document
Selamat datang di STABN Sriwijaya "Buddhistik Unggul Berkarakter". Anda memasuki wilayah Zona Integritas: bebas dari korupsi dan bebas dari gratifikasi    |    STOP PUNGLI !!! Kami TOLAK PUNGLI !!! Ada pungutan liar, laporkan ke: lapor@saberpungli.id ; Call Center: 0821 1213 1323; SMS: 1193 / 0856 8880 881 / 0821 1213 1323; Fax.: 021-345 3085   |   
 
 
Untitled Document
Pendaftaran Online
Program Reguler
Area Mahasiswa  -  Dosen
Alumni
Beasiswa
Galeri
Publikasi P2M
Publikasi P3M
Layanan Informasi
E-Journal
Kuliah Online
Repository
PPID
SW Penerbit
 
Kualifikasi Lulusan Prodi Ilmu Komunikasi Buddha
 
 

Profil Lulusan Prodi Ilmu Komunikasi Buddha

  1. Public Relation
  2. Corporate Communication (Customer Relation, Marketing Communication, Communication Consultant)
  3. Penelitian Ilmu Komunikasi (Communication Researcher)
  4. Praktisi Media Massa (Corporate Media Consultant, Jurnalis, Presenter Televisi, Penyiar Radio, Reporter, Script Writer, Communication Entrepreneur, Fotografer Jurnalistik, Editor Media, Kameramen, Produser Film, Youtuber, Produser TV dan radio)

Capaian Pembelajaran Prodi Ilmu Komunikasi Buddha

A. Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. Menginternalisasi nilai samma vaca dalam setiap kegiatan komunikasi.

B. Pengetahuan

  1. Menganalisis konsep samma vaca sebagai landasan komunikasi.
  2. Menganalisis konsep dasar ilmu komunikasi meliputi definisi, unsur, bentuk, model, serta prinsip komunikasi.
  3. Mengkorelasikan etika dalam membangun dan melestarikan hubungan masyarakat serta nilai-nilai kemanusiaan (humanity values).
  4. Menelaah teknik komunikasi dalam berbagai ruang lingkup komunikasi, yakni komunikasi intrapribadi, antarpribadi, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, komunikasi massa, dan komunikasi lintas budaya.
  5. Mengkorelasikan konsep samma sati dan samma samadhi sebagai bentuk komunikasi intrapribadi.
  6. Menganalisis konsep teoritis tentang teknik negosiasi, komunikasi persuasif, citra dan reputasi organisasi.
  7. Menganalisis konsep teoritis tentang perilaku konsumen, strategi komunikasi pemasaran, dan marketing mix sebagai bagian dari komunikasi bisnis.
  8. Menganalisis prinsip dan isu terkini dalam bidang sosial, budaya, ekonomi, politik, agama, serta teknologi informasi dan komunikasi.
  9. Mengkontruksi pengetahuan tentang literasi media dan informasi, media kritis, serta perkembangan media massa.
  10. Menganalisis teori tentang jurnalistik, broadcasting, teknik pengambilan gambar, dan teknik penulisan naskah drama.
  11. Menelaah konsep tentang teknik vokal, teknik pencahayaan, teknikaudio visual, dan editing dalam pembuatan media komunikasi.
  12. Mengevaluasi permasalahan komunikasi, sosial dan keagamaan Buddha secara ilmiah.

C. Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

D. Keterampilan Khusus

  1. Mampu berkomunikasi secara efektif berlandaskan nilai-nilai samma vaca.
  2. Mampu mengaplikasikan teknik komunikasi dalam berbagai ruang lingkup komunikasi.
  3. Mampu bernegosiasi secara persuasif dalam kegiatan public relation dan corporate communication.
  4. Mampu mengidentifikasi prinsip-prinsip public relation dalam membangun citra dan reputasi organisasi.
  5. Mampu memprediksi perilaku komsumen berdasarkan strategi komunikasi pemasaran dan marketing mix.
  6. Mampu melakukan penelitian di bidang komunikasi dengan metode kuantitatif dan kualitatif.
  7. Mampu mendemonstrasikan teknik-teknik pengambilan gambar, editing, dan reportase dalam membuat berita.
  8. Mampu membuat perencanaan strategis kegiatan komunikasi dalam mendukung tercapainya tujuan komunikasi.
  9. Mampu menghasilkan media atau produk komunikasi.
  10. Mampu menampilkan simbol Buddhis dalam media atau produk komunikasi.
  11. Mampu memanfaatkan media digital untuk kegiatan komunikasi.
  12. Mampu merancang naskah berita sesuai dengan prinsip-prinsip jurnalistik.
  13. Mampu memanfaatkan ipteks untuk menghasilkan media komunikasi. 

 
 
Profil Bulan Ini
 
 
Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI
Upacara Bendera
   
 
 
 
     
 
Alumni Sukses
     
 
Tetap Berusaha dan Pantang Menyerah
Kesuksesan
   
 
 
 
     
Berita
 
 
STABN Sriwijaya Meluncurkan Jurnal Internasional: Membangun Jembatan Pengetahuan Antarbangsa
Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Sriwijaya telah mencatatkan sejarah baru dengan peluncuran Jurnal Internasional
   
STABN Sriwijaya dapat atensi komunitas Buddhist dunia
STABN Sriwijaya dapat atensi komunitas Buddhist dunia
   
 
 
 
     
 
Artikel
     
 
Tingkat Keaktifan Mahasiswa dalam Perkuliahan di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya
Bahwa keaktifan bertanya mahasiswa dalam perkuliahan di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya dapat dikategorikan "Sering" menurut 53 orang
   
TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN AKADEMIK SEKOLAH TINGGI AGAMA BUDDHA NEGERI SRIWIJAYA
Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik STABN Sriwijaya sebesar 75,52% yaitu mahasiswa merasa puas terhadap layanan yang diberikan
   
 
 
 
     
    All Right Reserved © STABN SRIWIJAYA