Untitled Document
|
Pendaftaran Online |
|
|
Program Reguler
Area Mahasiswa - Dosen |
|
|
Alumni |
|
|
Beasiswa |
|
|
Galeri |
|
|
Publikasi P2M |
|
|
Publikasi P3M |
|
|
Layanan Informasi |
|
|
E-Journal |
|
Kuliah Online |
|
Repository |
|
PPID |
|
SW Penerbit |
|
|
Kualifikasi Lulusan Prodi Pendidikan Psikologi Konseling Buddha |
|
|
Profil
Lulusan
Profil Lulusan
|
Deskripsi Profil
Lulusan
|
1.
|
Guru Bimbingan
Konseling
|
Sarjana pendidikan
yang mampu menerapkan prinsip belajar
dalam pengajaran dan konseling siswa dari jenjang pendidikan anak usia dini
hingga pendidikan menengah atas dan membuat program kegiatan pembelajaran.
|
2.
|
Shadow Teacher
|
Sarjana
pendidikan yang mampu menjadi pendamping belajar bagi anak berkebutuhan
khusus di sekolah dan mampu bekerja sama dengan siswa, guru, orang tua, dan
sekolah.
|
3.
|
Konselor
|
Sarjana pendidikan
yang mampu
mengenali dan menganalisis
permasalahan perilaku serta melakukan konseling baik terhadap individu maupun
kelompok.
|
4.
|
Asisten Psikolog
|
Sarjana
pendidikan yang memiliki kemampuan dalam membantu pekerjaan psikolog, seperti
berperan sebagai administrator tes psikologi, konseling nonterapeutik di
bawah supervisi psikolog.
|
5.
|
Human
Resource Development (HRD)
|
Sarjana pendidikan
yang memiliki
kemampuan membuat rancangan dan melaksanakan pengelolaan sumber daya manusia
serta memiliki keterampilan dalam mengaplikasikan metode-metode asesmen untuk
keperluan rekrutmen, seleksi, dan training
pada karyawan.
|
Capaian
Pembelajaran Lulusan
Sikap
|
1. Bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
2. Menjunjung
tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
3. Berkontribusi
dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan
kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
4. Berperan
sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme, serta rasa tanggung jawab pada negara dan
bangsa;
5. Menghargai
keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang
lain;
6. Bekerja
sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan
lingkungan;
7. Taat
hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
8. Menginternalisasi
nilai, norma, dan etika akademik;
9. Menunjukkan
sikap bertanggung jawab
atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
10. Menginternalisasi
semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
11. Memahami
dirinya secara utuh sebagai pendidik; serta
12. Berpikir, berucap, dan bertindak sesuai Buddha Dhamma.
|
Keterampilan
Umum
|
1. Mampu
menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks
pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang
keahliannya;
2. Mampu
menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
3. Mampu
mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi
yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya
berdasarkan kaidah, tata cara, dan
etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni;
4. Mampu
menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk
skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan
tinggi;
5. Mampu
mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang
keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
6. Mampu
memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega,
sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
7. Mampu
bertanggung jawab
atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi
terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di
bawah tanggung jawabnya;
8. Mampu
melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan
mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; serta
9. Mampu
mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk
menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
|
Pengetahuan
|
1. Menelaah
konsep pengetahuan dalam beberapa cabang ilmu yang termasuk dalam rumpun
humaniora, sosial, dan terapan yang relevan serta mendukung kecakapan profesi
dan pengembangan kepribadian;
2. Mengaitkan
pengetahuan faktual teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk
pengembangan keilmuan dan penelitian;
3. Menelaah
konsep dasar teoretis tentang ilmu statistika, penulisan ilmiah, dan
metodologi penelitian;
4. Menelaah
konsep, prinsip, dan teori pendidikan;
5. Menelaah
konsep dasar, etika, dan aplikasi berbagai metode bimbingan konseling buddhis;
6. Menelaah
konsep, prinsip, dan teori dasar psikologi buddhis;
7. Menelaah
tahapan penyusunan skala psikologi, konsep-konsep dalam pengukuran psikologis
(validitas, reliabilitas, norma), teori tes klasik, dan konsep dasar dalam
psikometri; serta
8. Menelaah
konsep dasar dan prinsip-prinsip kewirausahaan di bidang pendidikan psikologi
konseling.
|
Keterampilan
Khusus
|
1. Memiliki
kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian, dan profesional;
2. Mampu
merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran Bimbingan dan
Konseling;
3. Mampu
memanfatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran Bimbingan
dan Konseling;
4. Mampu menerapkan prinsip dasar pelayanan
konseling;
5. Mampu
menerapkan prinsip komunikasi verbal dan nonverbal dalam pelayanan konseling;
6. Mampu
menerapkan pendekatan dan strategi pelayanan konseling;
7. Mampu melaksanakan analisis kebutuhan
sasaran layanan dengan menggunakan instrumen baku yang relevan;
8. Mampu menyusun dan melaksanakan layanan
bimbingan dan konseling yang komprehensif bersifat preventif, developmental,
kuratif, dan perseperatif berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis,
kreatif, inovatif, dan hasil analisis kebutuhan sasaran layanan;
9. Mampu merancang dan melaksanakan
evaluasi program, proses, dan hasil penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling
serta melaporkan hasilnya kepada pihak-pihak terkait dengan menggunakan teknologi
informasi dan komunikasi;
10. Mampu
mempersiapkan, melaksanakan, dan skoring tes psikologi serta melaksanakan
koseling nonterapeutik di bawah supervisi psikolog;
11. Mampu
merancang dan melaksanakan pengelolaan sumber daya manusia serta mampu
mengaplikasikan metode-metode asesmen untuk keperluan rekrutmen, seleksi, dan
training pada karyawan; serta
12. Memiliki
kecakapan wirausaha berdasarkan nilai-nilai buddhis.
|
|
|
|
|
|