form informasi
DUMAS
 
Kontak & Lokasi Kampus
 
 
 
Untitled Document
Selamat datang di STABN Sriwijaya "Buddhistik Unggul Berkarakter". Anda memasuki wilayah Zona Integritas: bebas dari korupsi dan bebas dari gratifikasi    |    STOP PUNGLI !!! Kami TOLAK PUNGLI !!! Ada pungutan liar, laporkan ke: lapor@saberpungli.id ; Call Center: 0821 1213 1323; SMS: 1193 / 0856 8880 881 / 0821 1213 1323; Fax.: 021-345 3085   |   
 
 
Untitled Document
Pendaftaran Online
Program Reguler
Area Mahasiswa  -  Dosen
Alumni
Beasiswa
Galeri
Publikasi P2M
Publikasi P3M
Layanan Informasi
E-Journal
Kuliah Online
Repository
PPID
SW Penerbit
 
Kualifikasi Lulusan Prodi Pendidikan Psikologi Konseling Buddha
 
 

Profil Lulusan

Profil Lulusan

Deskripsi Profil Lulusan

1.

Guru Bimbingan Konseling

Sarjana pendidikan yang mampu menerapkan prinsip belajar dalam pengajaran dan konseling siswa dari jenjang pendidikan anak usia dini hingga pendidikan menengah atas dan membuat program kegiatan pembelajaran.

2.

Shadow Teacher

Sarjana pendidikan yang mampu menjadi pendamping belajar bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah dan mampu bekerja sama dengan siswa, guru, orang tua, dan sekolah.

3.

Konselor

Sarjana pendidikan yang mampu mengenali dan menganalisis permasalahan perilaku serta melakukan konseling baik terhadap individu maupun kelompok.

4.

Asisten Psikolog

Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan dalam membantu pekerjaan psikolog, seperti berperan sebagai administrator tes psikologi, konseling nonterapeutik di bawah supervisi psikolog.

5.

Human Resource Development (HRD)

Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan membuat rancangan dan melaksanakan pengelolaan sumber daya manusia serta memiliki keterampilan dalam mengaplikasikan metode-metode asesmen untuk keperluan rekrutmen, seleksi, dan training pada karyawan.

Capaian Pembelajaran Lulusan

Sikap

1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme, serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;

11. Memahami dirinya secara utuh sebagai pendidik; serta

12. Berpikir, berucap, dan bertindak sesuai Buddha Dhamma.

Keterampilan Umum

1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni;

4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;

8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; serta

9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Pengetahuan

1. Menelaah konsep pengetahuan dalam beberapa cabang ilmu yang termasuk dalam rumpun humaniora, sosial, dan terapan yang relevan serta mendukung kecakapan profesi dan pengembangan kepribadian;

2. Mengaitkan pengetahuan faktual teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan keilmuan dan penelitian;

3. Menelaah konsep dasar teoretis tentang ilmu statistika, penulisan ilmiah, dan metodologi penelitian;

4. Menelaah konsep, prinsip, dan teori pendidikan;

5. Menelaah konsep dasar, etika, dan aplikasi berbagai metode bimbingan konseling buddhis;

6. Menelaah konsep, prinsip, dan teori dasar psikologi buddhis;

7. Menelaah tahapan penyusunan skala psikologi, konsep-konsep dalam pengukuran psikologis (validitas, reliabilitas, norma), teori tes klasik, dan konsep dasar dalam psikometri; serta

8. Menelaah konsep dasar dan prinsip-prinsip kewirausahaan di bidang pendidikan psikologi konseling.

Keterampilan Khusus

1. Memiliki kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian, dan profesional;

2. Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran Bimbingan dan Konseling;

3. Mampu memanfatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran Bimbingan dan Konseling;

4. Mampu menerapkan prinsip dasar pelayanan konseling;

5. Mampu menerapkan prinsip komunikasi verbal dan nonverbal dalam pelayanan konseling;

6. Mampu menerapkan pendekatan dan strategi pelayanan konseling;

7. Mampu melaksanakan analisis kebutuhan sasaran layanan dengan menggunakan instrumen baku yang relevan;

8. Mampu menyusun dan melaksanakan layanan bimbingan dan konseling yang komprehensif bersifat preventif, developmental, kuratif, dan perseperatif berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif, dan hasil analisis kebutuhan sasaran layanan;

9. Mampu merancang dan melaksanakan evaluasi program, proses, dan hasil penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling serta melaporkan hasilnya kepada pihak-pihak terkait dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi;

10. Mampu mempersiapkan, melaksanakan, dan skoring tes psikologi serta melaksanakan koseling nonterapeutik di bawah supervisi psikolog;

11. Mampu merancang dan melaksanakan pengelolaan sumber daya manusia serta mampu mengaplikasikan metode-metode asesmen untuk keperluan rekrutmen, seleksi, dan training pada karyawan; serta

12. Memiliki kecakapan wirausaha berdasarkan nilai-nilai buddhis.

 
 
Profil Bulan Ini
 
 
Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI
Upacara Bendera
   
 
 
 
     
 
Alumni Sukses
     
 
Tetap Berusaha dan Pantang Menyerah
Kesuksesan
   
 
 
 
     
Berita
 
 
STABN Sriwijaya Meluncurkan Jurnal Internasional: Membangun Jembatan Pengetahuan Antarbangsa
Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Sriwijaya telah mencatatkan sejarah baru dengan peluncuran Jurnal Internasional
   
STABN Sriwijaya dapat atensi komunitas Buddhist dunia
STABN Sriwijaya dapat atensi komunitas Buddhist dunia
   
 
 
 
     
 
Artikel
     
 
Tingkat Keaktifan Mahasiswa dalam Perkuliahan di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya
Bahwa keaktifan bertanya mahasiswa dalam perkuliahan di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya dapat dikategorikan "Sering" menurut 53 orang
   
TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN AKADEMIK SEKOLAH TINGGI AGAMA BUDDHA NEGERI SRIWIJAYA
Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik STABN Sriwijaya sebesar 75,52% yaitu mahasiswa merasa puas terhadap layanan yang diberikan
   
 
 
 
     
    All Right Reserved © STABN SRIWIJAYA