Untitled Document
Bisa Kami Bantu ?  
form informasi
DUMAS
 
Kontak & Lokasi Kampus
 
 
 
Untitled Document
Dirgahayu Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 Kementerian Agama Tahun 2020 "Umat Rukun, Indonesia Maju"   |    Selamat atas dilantiknya Jenderal (Purn.) Fachrul Razi sebagai Menteri Agama Republik Indonesia   |    Selamat datang di STABN Sriwijaya "Buddhistik Unggul Berkarakter". Anda memasuki wilayah Zona Integritas: bebas dari korupsi dan bebas dari gratifikasi    |    STOP PUNGLI !!! Kami TOLAK PUNGLI !!! Ada pungutan liar, laporkan ke: lapor@saberpungli.id ; Call Center: 0821 1213 1323; SMS: 1193 / 0856 8880 881 / 0821 1213 1323; Fax.: 021-345 3085   |   
 
 
Untitled Document
Pendaftaran Online
Program Reguler
Area Mahasiswa  -  Dosen
Alumni
Beasiswa
Galeri
Publikasi P2M
Publikasi P3M
 
Artikel
 
 
Pola Pembelajaran Sekolah Minggu Buddha di Vihara Dhamma Metta Tangerang Banten
26-12-2019 | dibaca 28 X

Pola Pembelajaran Sekolah Minggu Buddha di
Vihara Dhamma Metta Tangerang Banten

Yuniawati
yuniviria@gmail.com


Pendidikan keagamaan mempersiapkan anak didik untuk menjalankan peran yang menuntut penguasaan pengetahuan tentang ajaran agama atau menjadi ahli ilmu agama dan mengamalkan ajaran agamanya. Pendidikan keagamaan diberikan untuk jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, sampai pendidikan tinggi. Pendidikan keagamaan dapat memberikan pengetahuan agama sebagai moral, keyakinan, dan keterampilan sehingga anak didik juga dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan keagamaan Buddha contohnya adalah Sekolah Minggu Buddha (SMB).

SMB merupakan pendidikan keagamaan nonformal yang dilaksanakan di vihara atau cetiya setiap hari Minggu. SMB bertujuan untuk menanamkan keyakinan serta kebaikan anak sekolah minggu dalam meningkatkan moral umat Buddha secara berkelanjutan, tujuan tersebut dicapai melalui proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru dapat menerapkan berbagai metode dan strategi, khususnya pada saat pengajaran berlangsung supaya anak didik bisa memahami apa yang disampaikan guru. Pencapaian tujuan pembelajaran SMB memerlukan upaya berbagai pihak terutama guru.

Pembelajaran SMB menekankan pada kegiatan anak didik secara sungguh-sungguh yang melibatkan aspek intelektual, emosional, dan sosial. Guru SMB harus bisa menerapkan strategi pembelajaran ketika pembelajaran berlangsung, hal ini bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada anak didik. Pembelajaran agar berlangsung efektif, perlu direncanakan kegiatan-kegiatan yang berorientasi kepada anak didik. Perencanaan pembelajaran perlu dibuat karena pencapaian berhubungan dengan tujuan pembelajaran dan pemilihan metode yang akan digunakan dalam menyajikan materi pembelajaran. Tujuan pembelajaran merupakan sasaran yang hendak dicapai pada akhir pembelajaran, serta kemampuan yang harus dimiliki anak didik.

Seorang guru yang dapat merancang model pembelajaran SMB akan mempermudah proses belajar sehingga pembelajaran tersebut dapat berjalan secara optimal. Guru mampu menguasai pola interaksi dan teknik komunikasi yang baik dalam setiap proses pembelajaran. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan guru kepada anak didik agar terjadi proses perolehan ilmu pengetahuan dan perubahan sikap. Pembelajaran sangat membantu anak didik agar dapat belajar dengan baik dan dapat mengaplikasikan pengetahuan agama dalam kehidupan sehari-hari.



Selengkapnya, silahkan unduh

 
 
Profil Bulan Ini
 
 
Peringatan Ulang Tahun Ke-74 Republik Indonesia
"SDM Unggul Indonesia Maju"
   
 
 
 
     
 
Alumni Sukses
     
 
 
 
 
     
Untitled Document
 
    JUMLAH PENGUNJUNG
 
  Online : 8
Hari ini : 164
  Kemarin : 156
  Minggu ini : 1209
  Minggu Kemarin : 1164
Bulan kemarin : 5795
  Total : 268391
 
Berita
 
 
LOWONGAN CPNS KEMENTERIAN AGAMA TAHUN ANGGARAN 2019
Pada tahun anggaran 2019 Kementerian Agama membuka 5.815 lowongan CPNS yang terdiri dari 6 jenis jabatan dan akan tersebar di 143 satuan kerja.
   
Sebaran Mahasiswa (2014-2018) STABN Sriwijaya Berdasarkan Provinsi Asal
Sesuai dengan visi STABN Sriwijaya,
   
 
 
 
     
 
Artikel
     
 
PENERAPAN SEVEN HABITS SISWA KELAS XII SMA EHIPASSIKO SCHOOL BSD
Tujuh kebiasaan bukanlah seperangkat formula pemberi semangat yang terpisah melainkan selaras dengan hukum alam
   
Pola Pembelajaran Sekolah Minggu Buddha di Vihara Dhamma Metta Tangerang Banten
Seorang guru harus bekerja sama dengan anak didik pada saat pembelajaran berlangsung serta menciptakan suasana yang nyaman
   
 
 
 
     
    All Right Reserved © STABN SRIWIJAYA