Untitled Document
Bisa Kami Bantu ?  
form informasi
DUMAS
 
Kontak & Lokasi Kampus
 
 
 
Untitled Document
Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020 "Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju"   |    Pencegahan Penyebaran Virus Corona (COVID-19): patuhi protokol kesehatan, selalu jaga kebersihan, lakukan isolasi diri mandiri, kenakan masker, dan rajinlah mencuci tangan   |    Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021 Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten, silahkan mendaftar   |    Selamat datang di STABN Sriwijaya "Buddhistik Unggul Berkarakter". Anda memasuki wilayah Zona Integritas: bebas dari korupsi dan bebas dari gratifikasi    |   
 
 
Untitled Document
Pendaftaran Online
Program Reguler
Area Mahasiswa  -  Dosen
Alumni
Beasiswa
Galeri
Publikasi P2M
Publikasi P3M
E-Journal
 
Artikel
 
 
Pola Pembelajaran Sekolah Minggu Buddha di Vihara Dhamma Metta Tangerang Banten
26-12-2019 | dibaca 168 X

Pola Pembelajaran Sekolah Minggu Buddha di
Vihara Dhamma Metta Tangerang Banten

Yuniawati
yuniviria@gmail.com


Pendidikan keagamaan mempersiapkan anak didik untuk menjalankan peran yang menuntut penguasaan pengetahuan tentang ajaran agama atau menjadi ahli ilmu agama dan mengamalkan ajaran agamanya. Pendidikan keagamaan diberikan untuk jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, sampai pendidikan tinggi. Pendidikan keagamaan dapat memberikan pengetahuan agama sebagai moral, keyakinan, dan keterampilan sehingga anak didik juga dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan keagamaan Buddha contohnya adalah Sekolah Minggu Buddha (SMB).

SMB merupakan pendidikan keagamaan nonformal yang dilaksanakan di vihara atau cetiya setiap hari Minggu. SMB bertujuan untuk menanamkan keyakinan serta kebaikan anak sekolah minggu dalam meningkatkan moral umat Buddha secara berkelanjutan, tujuan tersebut dicapai melalui proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru dapat menerapkan berbagai metode dan strategi, khususnya pada saat pengajaran berlangsung supaya anak didik bisa memahami apa yang disampaikan guru. Pencapaian tujuan pembelajaran SMB memerlukan upaya berbagai pihak terutama guru.

Pembelajaran SMB menekankan pada kegiatan anak didik secara sungguh-sungguh yang melibatkan aspek intelektual, emosional, dan sosial. Guru SMB harus bisa menerapkan strategi pembelajaran ketika pembelajaran berlangsung, hal ini bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada anak didik. Pembelajaran agar berlangsung efektif, perlu direncanakan kegiatan-kegiatan yang berorientasi kepada anak didik. Perencanaan pembelajaran perlu dibuat karena pencapaian berhubungan dengan tujuan pembelajaran dan pemilihan metode yang akan digunakan dalam menyajikan materi pembelajaran. Tujuan pembelajaran merupakan sasaran yang hendak dicapai pada akhir pembelajaran, serta kemampuan yang harus dimiliki anak didik.

Seorang guru yang dapat merancang model pembelajaran SMB akan mempermudah proses belajar sehingga pembelajaran tersebut dapat berjalan secara optimal. Guru mampu menguasai pola interaksi dan teknik komunikasi yang baik dalam setiap proses pembelajaran. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan guru kepada anak didik agar terjadi proses perolehan ilmu pengetahuan dan perubahan sikap. Pembelajaran sangat membantu anak didik agar dapat belajar dengan baik dan dapat mengaplikasikan pengetahuan agama dalam kehidupan sehari-hari.



Selengkapnya, silahkan unduh

 
 
Profil Bulan Ini
 
 
Peringatan Ulang Tahun Ke-74 Republik Indonesia
"SDM Unggul Indonesia Maju"
   
 
 
 
     
 
Alumni Sukses
     
 
 
 
 
     
Untitled Document
 
    JUMLAH PENGUNJUNG
 
  Online : 2
Hari ini : 118
  Kemarin : 232
  Minggu ini : 1163
  Minggu Kemarin : 933
Bulan kemarin : 4903
  Total : 291257
 
Berita
 
 
INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (PMB) STABN SRIWIJAYA
Berikut ini informasi seputar Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) STABN Sriwijaya Tahun Akademik 2020/2021
   
PENGUMUMAN JADWAL SKD CPNS KEMENAG 2019
PENGUMUMAN JADWAL SKD CPNS KEMENAG 2019
   
 
 
 
     
 
Artikel
     
 
PENERAPAN SEVEN HABITS SISWA KELAS XII SMA EHIPASSIKO SCHOOL BSD
Tujuh kebiasaan bukanlah seperangkat formula pemberi semangat yang terpisah melainkan selaras dengan hukum alam
   
Pola Pembelajaran Sekolah Minggu Buddha di Vihara Dhamma Metta Tangerang Banten
Seorang guru harus bekerja sama dengan anak didik pada saat pembelajaran berlangsung serta menciptakan suasana yang nyaman
   
 
 
 
     
    All Right Reserved © STABN SRIWIJAYA