Untitled Document
Bisa Kami Bantu ?  
form informasi
DUMAS
 
Kontak & Lokasi Kampus
 
 
 
Untitled Document
Selamat Hari Raya Tri Suci Waisak 2562 BE / 2018 “Kasih Waisak Sejukkan Dunia”   |    Selamat menunaikan ibadah puasa 1439 H., Marhaban Yaa Ramadhan   |    Call for Papers Jurnal Sati Sampajanna No. 7 Tahun 2018, kirimkan artikel Anda ke jurnal.satisampajanna@gmail.com , keterangan lebih lanjut silahkan ke kolom PUBLIKASI P3M   |    Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2018/2019 Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten, silahkan mendaftar   |   
 
 
Untitled Document
Pendaftaran Online
Program Kuliah Jarak Jauh
Area Mahasiswa  -  Dosen
Program Reguler
Area Mahasiswa  -  Dosen
Alumni
Beasiswa
Galeri
Publikasi
 
Kualifikasi Lulusan Prodi Kepenyuluhan
 
 
PROFIL LULUSAN PRODI KEPENYULUHAN


1. Pembina umat
       a. Mampu memberikan ceramah Dharma yang benar dengan memanfaatkan Ipteks (k)
       b. Mampu merancang program Dharmaclass (k)
       c. Mampu menyelenggarakan Kegiatan Dharma (PPD, meditasi, ritual) (k)
       d. Mampu memberikan pelayanan kepada umat (s, k)

2. Motivator
       a. Mampu menumbuhkan bakti umat (s)
       b. Mampu meningkatkan pelaksanaan sila (s)
       c. Mampu memperkuat keyakinan (saddha) (s)
       d. Mampu meningkatkan kesadaran berdana (s)
       e. Mampu meningkatkan kesadaran untuk bermeditasi (s)

3. Konselor
       a. Mampu memberikan pendampingan permasalahan keyakinan (s, p, k)
       b. Mampu memberikan pendampingan masalah keluarga (s, p, k)
       c. Mampu memberikan pendampingan pernikahan (s, p, k)
       d. Mampu memberikan pendampingan pada manula dan orang sakit  (s, p, k)
       e. Mampu memberikan pendampingan masalah ekonomi keluarga (s, p, k)

4. Komunikator
       a. Mampu mengomunikasikan program-program pemerintah (p, k)
       b. Mampu mengomunikasikan program-program Sangha (p, k)
       c. Mampu mengomunikasikan program-program Majelis (p, k)
       d. Mampu menjembatani permasalahan umat (p, k)

5. Administrator
       a. Mampu melaksanakan pendataan umat (p, k)
       b. Mampu merancang program keagamaan (p, k)
       c. Mampu melaporkan kegiatan keagamaan (p, k)
       d. Mampu mengarsipkan dokumen kegiatan keagamaan (p, k)
       e. Mampu mengelola manajemen vihara (p, k)
       f. Mampu memanfaatkan ipteks dalam melaksanakan administrasi (p, k)

6. Pendampingan Advokasi
     a. Mampu memberikan nasihat mengenai masalah keagamaan (s, p, k)
     b. Mampu melakukan pembelaan terhadap umat terhadap gangguan, ancaman, dll (s, p, k)
     c. Mampu memberikan pendampingan berkaitan dengan masalah hukum dan birokrasi (p, k)

.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

A. SIKAP

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukan sikap yang religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan peradaban berdasarkan pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  11. Mampu meningkatkan kesadaran untuk bermeditasi.

B. PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep dasar kitab suci Agama Buddha;
  2. Memiliki kompetensi teknis kepenyuluhan, professional, kepribadian, sosial;
  3. Menguasai konsep teoretis bidang penyuluhan dalam kitab suci Tipitaka;
  4. Menguasai prinsip trilogi penyuluh (informasi dan edukasi, konseling,advokasi);
  5. Menguasai wawasan manajerial, kepemimpinan, dan organisasi;
  6. Menguasai wawasan administrasi vihara dan Sekolah Minggu Buddha;
  7. Menguasai wawasan metolodogi penelitian dan masalah sosial keagamaan;
  8. Menguasai teori-teori sosial dan implementasinya dalam bidang kepenyuluhan.

C. KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik dibidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni;
  4. Mampu menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama didalam maupu di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan sepervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang di tugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
  10. Mampu menyelesaikan permasalahan sosial keagamaan melalui peran penyuluh (pembinaan umat, motivator, konselor, komunikator).

D. KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu mengembangkan seni dan budaya buddhis;
  2. Memiliki kecakapan melaksanakan ritual upacara keagamaan;
  3. Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pembinaan keagamaan Buddha;
  4. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan kepenyuluhan;
  5. Mampu menciptakan invasi dibidang penyuluhan agama Buddha;
  6. Mampu mengelola organisasi keagamaan;
  7. Mampu melaksanakan dan mengelola administrasi lembaga keagamaan;
  8. Mampu melaksanakan dan memanfaatkan hasil penelitian bidang kepenyuluhan, agama, dan keagamaan.
  9. Memiliki kecakapan entrepreneurship berdasarkan prinsip-prinsip ekonomi buddhis;
  10. Memiliki kecakapan pemberdayaan masyarakat buddhis;
  11. Memiliki kecakapan melaksanakan bimbingan, konseling, advokasi, dan motivasi.



Hasil Akreditasi BAN-PT Prodi S1 Kepenyuluhan (Peringkat B), silahkan unduh


 
 
Profil Bulan Ini
 
 
Hari Amal Bakti ke-72 Kementerian Agama Tahun 2018
Menandai dimulainya HAB, kegiatan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di halaman kampus STABN Sriwijaya pada pagi hari pukul 07.30 WIB
   
 
 
 
     
 
Alumni Sukses
     
 
 
 
 
     
Untitled Document
 
    JUMLAH PENGUNJUNG
 
  Online : 1
Hari ini : 76
  Kemarin : 114
  Minggu ini : 852
  Minggu Kemarin : 746
Bulan kemarin : 3766
  Total : 173016
 
Berita
 
 
STABN Sriwijaya Memeriahkan Gema Waisak 2018
Gema Waisak 2562 B.E./2018 dimeriahkan oleh personil dari STABN Sriwijaya
   
Tari Gending Sriwijaya Membuka Semarak Gema Waisak 2562 B.E./2018
Tarian Gending Sriwijaya membuka Semarak Gema Waisak
   
 
 
 
     
 
Artikel
     
 
EFEKTIVITAS TEKNIK HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA SISWA KELAS VIII SMP JAYA MANGGALA TANGERANG BANTEN
Pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Siswa secara langsung dapat aktif dalam gerakan maupun komunikasi dan mampu mengingat pembelajaran yang baik
   
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT ORANGTUA MENYEKOLAHKAN ANAK DI NAVA DHAMMASEKHA KARUNA
Fungsi dari TK adalah untuk membina, menumbuhkan, dan mengembangkan seluruh potensi anak usia dini secara optimal sehingga terbentuk perilaku dan
   
 
 
 
     
    All Right Reserved © STABN SRIWIJAYA