PENGARUH IKLIM SEKOLAH DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA SISWA SMK DHARMA WIDYA TANGERANG BANTEN
PENGARUH IKLIM SEKOLAH DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP
PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA
SISWA SMK DHARMA WIDYA
TANGERANG BANTEN
DHARMA NADI CANDRA
NIM 0250113010570
Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal siswa. Faktor internal siswa meliputi motivasi belajar, sikap belajar, dan emosional. Faktor eksternal meliputi sarana dan prasarana, lingkungan masyarakat, kondisi ekonomi keluarga, iklim sekolah, dan dukungan sosial. Pendidikan akan tercipta dengan baik jika iklim sekolahnya kondusif. Iklim sekolah memiliki beberapa aspek meliputi kondisi sekolah, interaksi dan suasana yang ada di sekolah mulai dari siswa hingga kepala sekolah. Dukungan sosial adalah hubungan yang bersifat menolong dan mempunyai nilai khusus bagi siswa yang menerimanya. Dukungan sosial dapat muncul dari berbagai sumber baik keluarga, guru, sekolah, teman sejawat, maupun lingkungan sosial masyarakat. Pemberian dukungan dimaksudkan untuk mengarahkan agar siswa mampu menuju kepada proses belajar yang lebih baik, sehingga dukungan sosial bisa mempengaruhi motivasi belajar yang tinggi.
Berdasarkan beberapa pengertian di atas dapat diduga bahwa iklim sekolah dan dukungan sosial merupakan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Namun belum diketahui apakah terdapat pengaruh iklim sekolah dan dukungan sosial terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Buddha siswa SMK Dharma Widya Tangerang. Untuk mengetahui pengaruhnya, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian yang berjudul “Pengaruh Iklim Sekolah dan Dukungan Sosial terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Buddha Siswa SMK Dharma Widya Tangerang”.
Selengkapnya, silahkan unduh