form informasi
DUMAS
 
Kontak & Lokasi Kampus
 
 
 
Untitled Document
Pencegahan Penyebaran Virus Corona (COVID-19) dengan 5M+1D: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas dan interaksi, ditambah doa   |    Selamat datang di STABN Sriwijaya "Buddhistik Unggul Berkarakter". Anda memasuki wilayah Zona Integritas: bebas dari korupsi dan bebas dari gratifikasi    |    STOP PUNGLI !!! Kami TOLAK PUNGLI !!! Ada pungutan liar, laporkan ke: lapor@saberpungli.id ; Call Center: 0821 1213 1323; SMS: 1193 / 0856 8880 881 / 0821 1213 1323; Fax.: 021-345 3085   |   
 
 
Untitled Document
Pendaftaran Online
Program Reguler
Area Mahasiswa  -  Dosen
Alumni
Beasiswa
Galeri
Publikasi P2M
Publikasi P3M
Layanan Informasi
E-Journal
Kuliah Online
 
Artikel
 
 
Pola Pembelajaran Sekolah Minggu Buddha di Vihara Dhamma Metta Tangerang Banten
26-12-2019 | dibaca 3847 X

Pola Pembelajaran Sekolah Minggu Buddha di
Vihara Dhamma Metta Tangerang Banten

Yuniawati
yuniviria@gmail.com


Pendidikan keagamaan mempersiapkan anak didik untuk menjalankan peran yang menuntut penguasaan pengetahuan tentang ajaran agama atau menjadi ahli ilmu agama dan mengamalkan ajaran agamanya. Pendidikan keagamaan diberikan untuk jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, sampai pendidikan tinggi. Pendidikan keagamaan dapat memberikan pengetahuan agama sebagai moral, keyakinan, dan keterampilan sehingga anak didik juga dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan keagamaan Buddha contohnya adalah Sekolah Minggu Buddha (SMB).

SMB merupakan pendidikan keagamaan nonformal yang dilaksanakan di vihara atau cetiya setiap hari Minggu. SMB bertujuan untuk menanamkan keyakinan serta kebaikan anak sekolah minggu dalam meningkatkan moral umat Buddha secara berkelanjutan, tujuan tersebut dicapai melalui proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru dapat menerapkan berbagai metode dan strategi, khususnya pada saat pengajaran berlangsung supaya anak didik bisa memahami apa yang disampaikan guru. Pencapaian tujuan pembelajaran SMB memerlukan upaya berbagai pihak terutama guru.

Pembelajaran SMB menekankan pada kegiatan anak didik secara sungguh-sungguh yang melibatkan aspek intelektual, emosional, dan sosial. Guru SMB harus bisa menerapkan strategi pembelajaran ketika pembelajaran berlangsung, hal ini bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada anak didik. Pembelajaran agar berlangsung efektif, perlu direncanakan kegiatan-kegiatan yang berorientasi kepada anak didik. Perencanaan pembelajaran perlu dibuat karena pencapaian berhubungan dengan tujuan pembelajaran dan pemilihan metode yang akan digunakan dalam menyajikan materi pembelajaran. Tujuan pembelajaran merupakan sasaran yang hendak dicapai pada akhir pembelajaran, serta kemampuan yang harus dimiliki anak didik.

Seorang guru yang dapat merancang model pembelajaran SMB akan mempermudah proses belajar sehingga pembelajaran tersebut dapat berjalan secara optimal. Guru mampu menguasai pola interaksi dan teknik komunikasi yang baik dalam setiap proses pembelajaran. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan guru kepada anak didik agar terjadi proses perolehan ilmu pengetahuan dan perubahan sikap. Pembelajaran sangat membantu anak didik agar dapat belajar dengan baik dan dapat mengaplikasikan pengetahuan agama dalam kehidupan sehari-hari.



Selengkapnya, silahkan unduh

 
 
Profil Bulan Ini
 
 
Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI
Upacara Bendera
   
 
 
 
     
 
Alumni Sukses
     
 
Tetap Berusaha dan Pantang Menyerah
Kesuksesan
   
 
 
 
     
Untitled Document
 
  JUMLAH PENGUNJUNG
 
  Online : 1
Hari ini : 209
  Kemarin : 217
  Minggu ini : 1481
  Minggu Kemarin : 1474
Bulan kemarin : 7063
  Total : 492233
 
Berita
 
 
STABN Sriwijaya Kembali Raih Juara Umum Mahaniti Loka Dhamma (MLD)
STABN Sriwijaya Kembali Raih Juara Umum Mahaniti Loka Dhamma (MLD)
   
Kemenag Gelar Seleksi Terbuka 6 Jabatan Eselon I
Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama menggelar seleksi terbuka bagi jabatan pimpinan tinggi (JPT) madya atau yang sering disebut dengan Eselon I. P
   
 
 
 
     
 
Artikel
     
 
Tingkat Keaktifan Mahasiswa dalam Perkuliahan di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya
Bahwa keaktifan bertanya mahasiswa dalam perkuliahan di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya dapat dikategorikan "Sering" menurut 53 orang
   
TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN AKADEMIK SEKOLAH TINGGI AGAMA BUDDHA NEGERI SRIWIJAYA
Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik STABN Sriwijaya sebesar 75,52% yaitu mahasiswa merasa puas terhadap layanan yang diberikan
   
 
 
 
     
    All Right Reserved © STABN SRIWIJAYA