form informasi
DUMAS
 
Kontak & Lokasi Kampus
 
 
 
Untitled Document
Selamat datang di STABN Sriwijaya "Buddhistik Unggul Berkarakter". Anda memasuki wilayah Zona Integritas: bebas dari korupsi dan bebas dari gratifikasi    |    STOP PUNGLI !!! Kami TOLAK PUNGLI !!! Ada pungutan liar, laporkan ke: lapor@saberpungli.id ; Call Center: 0821 1213 1323; SMS: 1193 / 0856 8880 881 / 0821 1213 1323; Fax.: 021-345 3085   |   
 
 
Untitled Document
Pendaftaran Online
Program Reguler
Area Mahasiswa  -  Dosen
Alumni
Beasiswa
Galeri
Publikasi P2M
Publikasi P3M
Layanan Informasi
E-Journal
Kuliah Online
Repository
PPID
SW Penerbit
 
Artikel
 
 
Peran Metode Storytelling dalam Pengamalan Pendidikan Nilai Kemanusiaan Siswa di Tk Insan Teratai, Desa Gelam Jaya, Pasar Kemis, Tangerang Banten
26-12-2019 | dibaca 4375 X

Peran Metode Storytelling dalam
Pengamalan Pendidikan Nilai Kemanusiaan Siswa di
Tk Insan Teratai, Desa Gelam Jaya, Pasar Kemis, Tangerang Banten

Tukinah
tukinah.sw@gmail.com


Proses pembinaan anak usia dini di sekolah, tidak hanya sebatas memberikan ilmu pengetahuan, namun juga mampu membentuk karakter yang baik dalam diri individu. Pendidikan karakter merupakan penanaman budi pekerti dan moral pada setiap individu. Dengan penanaman pendidikan karakter, diharapkan manusia memiliki moral positif baik dalam ucapan, pikiran, dan perbuatan. Pendidikan karakter dapat diwujudkan melalui Pendidikan Nilai Kemanusiaan (PNK). PNK merupakan pendidikan yang mengandung nilai-nilai universal. Nilai-nilai kemanusiaan diterapkan untuk membentuk karakter anak yang lebih baik. Nilai kemanusiaan yang terkandung dalam PNK meliputi nilai kebenaran, kebajikan, kedamaian, kasih sayang, dan tanpa kekerasan.

Idealnya, PNK sebagai salah satu pendidikan karakter mampu membentuk pribadi siswa yang memiliki moral yang baik. Melalui PNK akan memberikan dampak positif terhadap tingkah laku siswa. Melalui penerapan nilai-nilai kemanusiaan ini, diharapkan tidak ada lagi kasus kekerasan di sekolah. Kenyataannya, PNK masih belum berhasil sepenuhnya mencetak manusia yang memiliki kepribadian positif. Fakta menunjukkan di beberapa sekolah masih sering terjadi kekerasan, bahkan pada anak usia dini. Kasus kekerasan pada anak usia dini terjadi di TK swata Lampung, salah satu siswa menjadi korban kekerasan yang dilakukan temannya sendiri. Seorang siswa mengadu bahwa bekal makanan dan uang jajan diminta secara paksa, bahkan didorong temannya sendiri hingga jatuh (http://lampung.tribunnews.com/2016/01/24/kasus-bullying-di-lampung-anak-tk-rebut-bekal-temannya-lalu-diinjak-injak). Peristiwa tersebut menunjukkan bahwa pendidikan nilai kemanusiaan di sekolah belum secara maksimal dipraktikkan. Peristiwa yang mencerminkan masih rendahnya pengamalan nilai-nilai kemanusiaan juga terjadi di TK Insan Teratai, salah seorang siswa TK A1 yang sering mengadu domba diantara teman-teman lain untuk menjauhi salah seorang temannya, dengan tujuan agar siswa tersebut tidak memiliki teman, bahkan ada juga salah satu siswa yang membawa pulang alat tulis sekolah.

Usaha yang dilakukan guru terkait dengan PNK yakni melalui metode storytelling. Storytelling merupakan metode atau cara yang digunakan untuk menyampaikan nilai-nilai kemanusiaan melalui sebuah cerita, baik dengan gambar, suara maupun alat peraga lainnya. Storytelling mampu menjadi metode pendidikan karakter yang dapat berperan dalam pengamalan nilai-nilai kemanusiaan oleh siswa. Melalui variasi penyampaian storytelling akan menarik perhatian siswa untuk mendengarkan dan mengambil makna cerita, sehingga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.



Selengkapnya, silahkan unduh

 
 
Profil Bulan Ini
 
 
Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI
Upacara Bendera
   
 
 
 
     
 
Alumni Sukses
     
 
Tetap Berusaha dan Pantang Menyerah
Kesuksesan
   
 
 
 
     
Berita
 
 
STABN Sriwijaya Melakukan Anjangsana dengan Yayasan Avalokitesvara Serang: Membangun Kerjasama dalam Pendidikan Agama Buddha
Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Sriwijaya menjalin hubungan yang erat dengan Yayasan Avalokitesvara Serang melalui kegiatan anjangsana yang
   
STABN Sriwijaya Meluncurkan Jurnal Internasional: Membangun Jembatan Pengetahuan Antarbangsa
Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Sriwijaya telah mencatatkan sejarah baru dengan peluncuran Jurnal Internasional
   
 
 
 
     
 
Artikel
     
 
Tingkat Keaktifan Mahasiswa dalam Perkuliahan di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya
Bahwa keaktifan bertanya mahasiswa dalam perkuliahan di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya dapat dikategorikan "Sering" menurut 53 orang
   
TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN AKADEMIK SEKOLAH TINGGI AGAMA BUDDHA NEGERI SRIWIJAYA
Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik STABN Sriwijaya sebesar 75,52% yaitu mahasiswa merasa puas terhadap layanan yang diberikan
   
 
 
 
     
    All Right Reserved © STABN SRIWIJAYA