Untitled Document
Bisa Kami Bantu ?  
form informasi
DUMAS
 
Kontak & Lokasi Kampus
 
 
 
Untitled Document
Selamat Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili   |    Dirgahayu Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 Kementerian Agama Tahun 2020 "Umat Rukun, Indonesia Maju"   |    Selamat atas dilantiknya Jenderal (Purn.) Fachrul Razi sebagai Menteri Agama Republik Indonesia   |    Selamat datang di STABN Sriwijaya "Buddhistik Unggul Berkarakter". Anda memasuki wilayah Zona Integritas: bebas dari korupsi dan bebas dari gratifikasi    |   
 
 
Untitled Document
Pendaftaran Online
Program Reguler
Area Mahasiswa  -  Dosen
Alumni
Beasiswa
Galeri
Publikasi P2M
Publikasi P3M
 
Artikel
 
 
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT ORANGTUA MENYEKOLAHKAN ANAK DI NAVA DHAMMASEKHA KARUNA
06-03-2018 | dibaca 1436 X

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT ORANGTUA MENYEKOLAHKAN ANAK

DI NAVA DHAMMASEKHA KARUNA

Eryana Suviana
Eryana007@gmail.com


Masa anak-anak digambarkan sebagai masa golden age. Pada masa ini, seluruh aspek dalam kehidupan manusia mulai berkembang, baik usia, fisik, kognitif, moral maupun sosial. Pada masa ini pula anak-anak dapat menyerap berbagai informasi yang berasal dari lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Selain itu, anak-anak merupakan generasi penerus suatu bangsa, dengan demikian dibutuhkan anak dengan kualitas dan kuantitas yang baik agar tercapainya masa depan bangsa yang cerdas dan dapat bertanggungjawab.

Kualitas generasi penerus sebagai penentu kualitas masa depan bangsa mencakup kemampuan akademis dan kualitas kepribadian anak. Agar tujuan ini tercapai maka orangtua dan pemerintah perlu berkerja sama untuk meningkatkan dan memperbaiki pendidikan khususnya pendidikan anak usia dini. Pendidikan bagi anak usia dini sangat penting karena fungsi pendidikan salah satunya adalah membentuk karakter anak bangsa dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas serta dapat mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yaitu kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Nava Dhammasekha Karuna yang didirikan oleh Yayasan Dhammsekha Karuna bertempat di Desa Lemo. Pada masa awal berdirinya Nava Dhammasekha Karuna, antusias masyarakat sangat baik dan banyak orangtua yang berminat menyekolahkan anak-anaknya di TK ini. Tercatat pada tahun ajaran 2014/2015 ada sekitar dua puluh lima anak usia dini yang bersekolah di sini. Namun, semakin lama Nava Dhammasekha Karuna semakin sepi. Banyak guru yang berhenti mengajar dan sedikit yang mau menjadi guru di sekolah ini.

Pada awal tahun ajaran 2015/2016, tercatat ada sembilan anak-anak Nava Dhammasekha Karuna. Jumlah yang sangat jauh menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini menyebabkan pihak pengelola sekolah melakukan beberapa tindakan untuk menarik kembali minat orangtua. Pada tahun ajaran 2016/2017 jumlah siswa kembali meningkat yaitu sekitar tiga puluh anak. Berdasarkan pada latar belakang tersebut, muncullah identifikasi masalah antara lain sedikitnya anak usia dini yang menempuh pendidikan di Taman Kanak-kanak, rendahnya kesadaran orangtua untuk menyekolahkan anaknya pada jenjang pendidikan TK, belum dipahaminya bagaimana faktor minat orangtua menyekolahkan anak di Nava Dhammasekha Karuna, pemanfaatan fasilitas sekolah kurang maksimal, kurangnya tenaga pengajar profesional di Nava Dhammasekha Karuna, adanya fluktuasi jumlah siswa, dan persaingan dalam mencari murid dengan TK/PAUD terdekat. Focus pada penelitian ini yaitu belum dipahaminya bagaimana faktor minat orangtua menyekolahkan anak di Nava Dhammasekha Karuna sehingga terdapat rumusan masalah yaitu bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi minat orangtua menyekolahkan anak di Nava Dhammasekkha Karuna. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan faktor-faktor apa yang mempengaruhi minat orangtua menyekolahkan anak di Nava Dhammasekha Karuna.


Selengkapnya, silahkan unduh

 
 
Profil Bulan Ini
 
 
Peringatan Ulang Tahun Ke-74 Republik Indonesia
"SDM Unggul Indonesia Maju"
   
 
 
 
     
 
Alumni Sukses
     
 
 
 
 
     
Untitled Document
 
    JUMLAH PENGUNJUNG
 
  Online : 2
Hari ini : 125
  Kemarin : 239
  Minggu ini : 1325
  Minggu Kemarin : 1251
Bulan kemarin : 5353
  Total : 273042
 
Berita
 
 
PENGUMUMAN JADWAL SKD CPNS KEMENAG 2019
PENGUMUMAN JADWAL SKD CPNS KEMENAG 2019
   
LOWONGAN CPNS KEMENTERIAN AGAMA TAHUN ANGGARAN 2019
Pada tahun anggaran 2019 Kementerian Agama membuka 5.815 lowongan CPNS yang terdiri dari 6 jenis jabatan dan akan tersebar di 143 satuan kerja.
   
 
 
 
     
 
Artikel
     
 
PENERAPAN SEVEN HABITS SISWA KELAS XII SMA EHIPASSIKO SCHOOL BSD
Tujuh kebiasaan bukanlah seperangkat formula pemberi semangat yang terpisah melainkan selaras dengan hukum alam
   
Pola Pembelajaran Sekolah Minggu Buddha di Vihara Dhamma Metta Tangerang Banten
Seorang guru harus bekerja sama dengan anak didik pada saat pembelajaran berlangsung serta menciptakan suasana yang nyaman
   
 
 
 
     
    All Right Reserved © STABN SRIWIJAYA