form informasi
DUMAS
 
Kontak & Lokasi Kampus
 
 
 
Untitled Document
Selamat datang di STABN Sriwijaya "Buddhistik Unggul Berkarakter". Anda memasuki wilayah Zona Integritas: bebas dari korupsi dan bebas dari gratifikasi    |    STOP PUNGLI !!! Kami TOLAK PUNGLI !!! Ada pungutan liar, laporkan ke: lapor@saberpungli.id ; Call Center: 0821 1213 1323; SMS: 1193 / 0856 8880 881 / 0821 1213 1323; Fax.: 021-345 3085   |   
 
 
Untitled Document
Pendaftaran Online
Program Reguler
Area Mahasiswa  -  Dosen
Alumni
Beasiswa
Galeri
Publikasi P2M
Publikasi P3M
Layanan Informasi
E-Journal
Kuliah Online
Repository
PPID
SW Penerbit
 
Artikel
 
 
PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA DI SMP JAYA MANGGALA SCHOOL KARAWACI TANGERANG
21-02-2018 | dibaca 747 X

PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR
TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA
DI SMP JAYA MANGGALA SCHOOL
KARAWACI TANGERANG

DHIRA AYU PARAMUDHITTA
NIM 0250113030557


Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pendidikan bisa diperoleh melalui pendidikan formal maupun nonformal. Pendidikan bisa diperoleh melalui pendidikan formal maupun nonformal. Pendidikan formal diperoleh dengan mengikuti program-program yang sudah dirancang secara terstruktur oleh suatu institusi, departemen, atau kementerian negara. Pendidikan nonformal adalah pengetahuan yang didapat oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk pengalaman baik yang dirasakan sendiri atau dipelajari dari orang lain dengan cara mengamati dan mengikuti.

Keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan belajar secara maksimal juga didukung oleh beberapa faktor yaitu fisiologi maupun psikologi atau lingkungan. Faktor psikologi siswa dalam upaya mencapai tujuan belajar adalah tanggung jawab. Siswa yang memiliki tanggung jawab tinggi akan mampu mempersiapkan diri dengan baik sebagai langkah awal dalam mencapai tujuan belajar, akan tetapi masih banyak siswa yang belum mampu mempersiapkan dirinya untuk mencapai tujuan belajar. Tanggung jawab belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor internal dan eksternal yang memiliki peran penting dalam mencapai tujuan belajar. Faktor internal yang mempengaruhi tanggung jawab belajar adalah motivasi dalam diri siswa. Siswa yang memiliki motivasi yang tinggi akan lebih bertanggung jawab dalam belajarnya. Faktor eksternal juga memiliki peran penting dalam menumbuhkan tanggung jawab belajar siswa, yaitu perhatian orangtua dan lingkungan belajar. Motivasi dari dalam diri merupakan hal penting yang harus dimiliki siswa guna memunculkan sikap tanggung jawab belajar siswa. Motivasi yang tinggi dalam belajar merupakan faktor penting guna mencapai tujuan belajar, akan tetapi perlu adanya motivasi dari luar diri siswa yaitu perhatian orangtua dan lingkungan untuk lebih menumbuhkan tanggung jawab belajar siswa. Tanggung jawab belajar dapat tumbuh melalui perhatian orangtua dan lingkungan belajar. Perhatian orangtua serta lingkungan belajar akan membantu siswa dalam mengembangkan dan mempertahankan motivasi yang telah dimiliki dari dalam dirinya.

Beragam masalah yang dihadapi oleh siswa untuk dapat bertanggung jawab dalam belajar antara lain kurangnya perhatian orangtua dan lingkungan yang kurang mendukung tidak terkecuali di SMP Jaya Manggala School Kota Tangerang. Banyaknya siswa yang kurang memiliki tanggung jawab belajar, menurut penjelasan Kepala Sekolah SMP Jaya Manggala School hal ini dapat dilihat dari beberapa hasil belajar siswa yang kurang baik. Kesibukan orangtua siswa yang bekerja serta lingkungan belajar yang kurang nyaman menjadi salah satu penyebab kurangnya tanggung jawab belajar. Siswa masih banyak yang jarang mengerjakan tugas dan pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru, serta nilai siswa yang masih banyak di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).

Berdasarkan beberapa pengertian di atas dapat diduga bahwa perhatian orangtua dan lingkungan belajar merupakan faktor yang mempengaruhi tanggung jawab belajar siswa. Akan tetapi, belum diketahui apakah terdapat pengaruh perhatian orangtua dan lingkungan belajar terhadap tanggung jawab belajar siswa di SMP Jaya Manggala Karawaci Tangerang. Untuk mengetahui pengaruhnya, peneliti tertarik mengadakan penelitian dengan judul “Pengaruh Perhatian Orangtua dan Lingkungan Belajar terhadap Tanggung Jawab Belajar Siswa di SMP Jaya Manggala School Karawaci Tangerang”.


Selengkapnya, silahkan unduh

 
 
Profil Bulan Ini
 
 
Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI
Upacara Bendera
   
 
 
 
     
 
Alumni Sukses
     
 
Tetap Berusaha dan Pantang Menyerah
Kesuksesan
   
 
 
 
     
Berita
 
 
STABN Sriwijaya Melakukan Anjangsana dengan Yayasan Avalokitesvara Serang: Membangun Kerjasama dalam Pendidikan Agama Buddha
Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Sriwijaya menjalin hubungan yang erat dengan Yayasan Avalokitesvara Serang melalui kegiatan anjangsana yang
   
STABN Sriwijaya Meluncurkan Jurnal Internasional: Membangun Jembatan Pengetahuan Antarbangsa
Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Sriwijaya telah mencatatkan sejarah baru dengan peluncuran Jurnal Internasional
   
 
 
 
     
 
Artikel
     
 
Tingkat Keaktifan Mahasiswa dalam Perkuliahan di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya
Bahwa keaktifan bertanya mahasiswa dalam perkuliahan di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya dapat dikategorikan "Sering" menurut 53 orang
   
TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN AKADEMIK SEKOLAH TINGGI AGAMA BUDDHA NEGERI SRIWIJAYA
Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik STABN Sriwijaya sebesar 75,52% yaitu mahasiswa merasa puas terhadap layanan yang diberikan
   
 
 
 
     
    All Right Reserved © STABN SRIWIJAYA