form informasi
DUMAS
 
Kontak & Lokasi Kampus
 
 
 
Untitled Document
Selamat datang di STABN Sriwijaya "Buddhistik Unggul Berkarakter". Anda memasuki wilayah Zona Integritas: bebas dari korupsi dan bebas dari gratifikasi    |    STOP PUNGLI !!! Kami TOLAK PUNGLI !!! Ada pungutan liar, laporkan ke: lapor@saberpungli.id ; Call Center: 0821 1213 1323; SMS: 1193 / 0856 8880 881 / 0821 1213 1323; Fax.: 021-345 3085   |   
 
 
Untitled Document
Pendaftaran Online
Program Reguler
Area Mahasiswa  -  Dosen
Alumni
Beasiswa
Galeri
Publikasi P2M
Publikasi P3M
Layanan Informasi
E-Journal
Kuliah Online
Repository
PPID
SW Penerbit
 
Kualifikasi Lulusan Prodi Pendidikan Keagamaan Buddha
 
 
PROFIL LULUSAN PRODI PENDIDIKAN KEAGAMAAN BUDDHA


Profil lulusan adalah peran yang diharapkan dapat dilakukan oleh lulusan program studi di dunia kerja:

  1. Guru bidang studi Pendidikan Agama Buddha yang profesional (memiliki kompetensi kepribadian, sosial, pedagogik, dan profesional);
  2. Guru prasekolah dan dasar (memiliki kompetensi kepribadian, sosial, pedagogik, dan profesional);
  3. Manager pendidikan / kepala sekolah / koordinator sekolah / supervisor (memiliki kompetensi manajerial dan kepemimpinan);
  4. Tenaga kependidikan (memiliki kompetensi administrasi kependidikan);
  5. Peneliti / akademisi (memiliki kompetensi metodologi penelitian dan kepekaan masalah nyata);
  6. Edupreneur (memiliki kreativitas kewirausahaan dan kepemimpinan);
  7. Social Worker (pekerja sosial) di bidang pendidikan (memiliki kepekaan dan interaksi sosial);
  8. Konselor (memiliki kompetensi di bidang bimbingan dan konseling).

CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA


A. Sikap dan Tata Nilai

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  11. Mengimplementasikan nilai-nilai ajaran Agama Buddha; dan
  12. Memiliki pola pikir kepemimpinan Buddhis.


B. Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasar kaidah, tatacara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
  10. Mampu mengimplementasikan hasil penelitian untuk tujuan pemecahan masalah sosial kemasyarakatan; dan
  11. Mampu menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.


C. Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep dasar kitab suci Agama Buddha;
  2. Menguasai konsep teoretis bidang pendidikan dalam Kitab Suci Agama Buddha;
  3. Menguasai konsep teoretis ajaran pokok, sejarah dan budaya, praktik hidup berkesadaran, serta agama Buddha dan Ipteks;
  4. Menguasai prinsip pembelajaran tingkat prasekolah sampai sekolah menengah atas;
  5. Menguasai wawasan manajerial dan kepemimpinan;
  6. Menguasai wawasan administrasi pendidikan;
  7. Menguasai wawasan metodologi penelitian dan masalah sosial;
  8. Menguasai konsep teoritis bidang ekonomi dalam kitab suci Tripitaka;
  9. Menguasai teori-teori sosial dan implementasinya dalam bidang pendidikan; dan
  10. Menguasai prinsip dan teknik bimbingan konseling.


D. Keterampilan Khusus

  1. Memiliki kompetensi paedagogik, sosial, kepribadian, dan profesional;
  2. Mampu mengembangkan seni dan budaya Buddhis;
  3. Memiliki kecakapan melaksanakan ritual upacara keagamaan Buddha;
  4. Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Buddha;
  5. Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran pendidikan prasekolah sampai sekolah menengah atas;
  6. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran;
  7. Mampu menciptakan inovasi di bidang pendidikan agama Buddha;
  8. Mampu mengelola unit / lembaga / institusi pendidikan formal dan nonformal;
  9. Mampu melaksanakan dan mengelola administrasi sekolah formal dan nonformal;
  10. Mampu melaksanakan dan memanfaatkan hasil penelitian bidang pendidikan, agama, dan keagamaan;
  11. Memiliki kecakapan pemberdayaan masyarakat dalam bidang pendidikan Buddhis;
  12. Memiliki kecakapan entrepreneurship berdasarkan prinsip-prinsip ekonomi Buddhis;
  13. Memiliki kecakapan melaksanakan bimbingan dan konseling Buddhis; dan
  14. Memiliki keterampilan berbahasa secara lisan dan tulisan.

.

Hasil Akreditasi LAMDIK Prodi S1 Pendidikan Agama Buddha (Peringkat B), silahkan unduh

Download.png


 
 
Profil Bulan Ini
 
 
Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI
Upacara Bendera
   
 
 
 
     
 
Alumni Sukses
     
 
Tetap Berusaha dan Pantang Menyerah
Kesuksesan
   
 
 
 
     
Berita
 
 
STABN Sriwijaya Meluncurkan Jurnal Internasional: Membangun Jembatan Pengetahuan Antarbangsa
Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Sriwijaya telah mencatatkan sejarah baru dengan peluncuran Jurnal Internasional
   
STABN Sriwijaya dapat atensi komunitas Buddhist dunia
STABN Sriwijaya dapat atensi komunitas Buddhist dunia
   
 
 
 
     
 
Artikel
     
 
Tingkat Keaktifan Mahasiswa dalam Perkuliahan di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya
Bahwa keaktifan bertanya mahasiswa dalam perkuliahan di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya dapat dikategorikan "Sering" menurut 53 orang
   
TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN AKADEMIK SEKOLAH TINGGI AGAMA BUDDHA NEGERI SRIWIJAYA
Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik STABN Sriwijaya sebesar 75,52% yaitu mahasiswa merasa puas terhadap layanan yang diberikan
   
 
 
 
     
    All Right Reserved © STABN SRIWIJAYA