Untitled Document
Bisa Kami Bantu ?  
form informasi
DUMAS
 
Kontak & Lokasi Kampus
 
 
 
Untitled Document
Call for Papers Jurnal Sati Sampajanna No. 7 Tahun 2018, kirimkan artikel Anda ke jurnal.satisampajanna@gmail.com , keterangan lebih lanjut silahkan ke kolom PUBLIKASI P3M   |    Selamat datang di STABN Sriwijaya "Buddhistik Unggul Berkarakter". Anda memasuki wilayah Zona Integritas: bebas dari korupsi dan bebas dari gratifikasi    |    STOP PUNGLI !!! Kami TOLAK PUNGLI !!! Ada pungutan liar, laporkan ke: lapor@saberpungli.id ; Call Center: 0821 1213 1323; SMS: 1193 / 0856 8880 881 / 0821 1213 1323; Fax.: 021-345 3085   |   
 
 
Untitled Document
Pendaftaran Online
Program Kuliah Jarak Jauh
Area Mahasiswa  -  Dosen
Program Reguler
Area Mahasiswa  -  Dosen
Alumni
Beasiswa
Galeri
Publikasi
 
Artikel
 
 
PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA DI SMP JAYA MANGGALA SCHOOL KARAWACI TANGERANG
21-02-2018 | dibaca 274 X

PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR
TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA
DI SMP JAYA MANGGALA SCHOOL
KARAWACI TANGERANG

DHIRA AYU PARAMUDHITTA
NIM 0250113030557


Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pendidikan bisa diperoleh melalui pendidikan formal maupun nonformal. Pendidikan bisa diperoleh melalui pendidikan formal maupun nonformal. Pendidikan formal diperoleh dengan mengikuti program-program yang sudah dirancang secara terstruktur oleh suatu institusi, departemen, atau kementerian negara. Pendidikan nonformal adalah pengetahuan yang didapat oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk pengalaman baik yang dirasakan sendiri atau dipelajari dari orang lain dengan cara mengamati dan mengikuti.

Keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan belajar secara maksimal juga didukung oleh beberapa faktor yaitu fisiologi maupun psikologi atau lingkungan. Faktor psikologi siswa dalam upaya mencapai tujuan belajar adalah tanggung jawab. Siswa yang memiliki tanggung jawab tinggi akan mampu mempersiapkan diri dengan baik sebagai langkah awal dalam mencapai tujuan belajar, akan tetapi masih banyak siswa yang belum mampu mempersiapkan dirinya untuk mencapai tujuan belajar. Tanggung jawab belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor internal dan eksternal yang memiliki peran penting dalam mencapai tujuan belajar. Faktor internal yang mempengaruhi tanggung jawab belajar adalah motivasi dalam diri siswa. Siswa yang memiliki motivasi yang tinggi akan lebih bertanggung jawab dalam belajarnya. Faktor eksternal juga memiliki peran penting dalam menumbuhkan tanggung jawab belajar siswa, yaitu perhatian orangtua dan lingkungan belajar. Motivasi dari dalam diri merupakan hal penting yang harus dimiliki siswa guna memunculkan sikap tanggung jawab belajar siswa. Motivasi yang tinggi dalam belajar merupakan faktor penting guna mencapai tujuan belajar, akan tetapi perlu adanya motivasi dari luar diri siswa yaitu perhatian orangtua dan lingkungan untuk lebih menumbuhkan tanggung jawab belajar siswa. Tanggung jawab belajar dapat tumbuh melalui perhatian orangtua dan lingkungan belajar. Perhatian orangtua serta lingkungan belajar akan membantu siswa dalam mengembangkan dan mempertahankan motivasi yang telah dimiliki dari dalam dirinya.

Beragam masalah yang dihadapi oleh siswa untuk dapat bertanggung jawab dalam belajar antara lain kurangnya perhatian orangtua dan lingkungan yang kurang mendukung tidak terkecuali di SMP Jaya Manggala School Kota Tangerang. Banyaknya siswa yang kurang memiliki tanggung jawab belajar, menurut penjelasan Kepala Sekolah SMP Jaya Manggala School hal ini dapat dilihat dari beberapa hasil belajar siswa yang kurang baik. Kesibukan orangtua siswa yang bekerja serta lingkungan belajar yang kurang nyaman menjadi salah satu penyebab kurangnya tanggung jawab belajar. Siswa masih banyak yang jarang mengerjakan tugas dan pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru, serta nilai siswa yang masih banyak di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).

Berdasarkan beberapa pengertian di atas dapat diduga bahwa perhatian orangtua dan lingkungan belajar merupakan faktor yang mempengaruhi tanggung jawab belajar siswa. Akan tetapi, belum diketahui apakah terdapat pengaruh perhatian orangtua dan lingkungan belajar terhadap tanggung jawab belajar siswa di SMP Jaya Manggala Karawaci Tangerang. Untuk mengetahui pengaruhnya, peneliti tertarik mengadakan penelitian dengan judul “Pengaruh Perhatian Orangtua dan Lingkungan Belajar terhadap Tanggung Jawab Belajar Siswa di SMP Jaya Manggala School Karawaci Tangerang”.


Selengkapnya, silahkan unduh

 
 
Profil Bulan Ini
 
 
Pembukaan KKN XII / 2018, Ketua STABN: “Small is Beautiful”
Pembukaan KKN XII Tahun 2018 dibuka secara resmi oleh Ketua STABN Sriwijaya
   
 
 
 
     
 
Alumni Sukses
     
 
 
 
 
     
Untitled Document
 
    JUMLAH PENGUNJUNG
 
  Online : 1
Hari ini : 96
  Kemarin : 161
  Minggu ini : 829
  Minggu Kemarin : 871
Bulan kemarin : 3616
  Total : 188850
 
Berita
 
 
Aksi Nyata Posko IV (KKN XII Tahun 2018)
Posko IV mempunyai enam program pokok, satu program penunjang, dan lima program tambahan
   
Rangkaian Acara Waisak 2562 BE / 2018
STABN Sriwijaya mengadakan serangkaian acara dalam menyongsong Hari Waisak
   
 
 
 
     
 
Artikel
     
 
EFEKTIVITAS TEKNIK HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA SISWA KELAS VIII SMP JAYA MANGGALA TANGERANG BANTEN
Pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Siswa secara langsung dapat aktif dalam gerakan maupun komunikasi dan mampu mengingat pembelajaran yang baik
   
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT ORANGTUA MENYEKOLAHKAN ANAK DI NAVA DHAMMASEKHA KARUNA
Fungsi dari TK adalah untuk membina, menumbuhkan, dan mengembangkan seluruh potensi anak usia dini secara optimal sehingga terbentuk perilaku dan
   
 
 
 
     
    All Right Reserved © STABN SRIWIJAYA