PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA DI SMP JAYA MANGGALA SCHOOL KARAWACI TANGERANG
PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR
TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA
DI SMP JAYA MANGGALA SCHOOL
KARAWACI TANGERANG
DHIRA AYU PARAMUDHITTA
NIM 0250113030557
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pendidikan bisa diperoleh melalui pendidikan formal maupun nonformal. Pendidikan bisa diperoleh melalui pendidikan formal maupun nonformal. Pendidikan formal diperoleh dengan mengikuti program-program yang sudah dirancang secara terstruktur oleh suatu institusi, departemen, atau kementerian negara. Pendidikan nonformal adalah pengetahuan yang didapat oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk pengalaman baik yang dirasakan sendiri atau dipelajari dari orang lain dengan cara mengamati dan mengikuti.
Keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan belajar secara maksimal juga didukung oleh beberapa faktor yaitu fisiologi maupun psikologi atau lingkungan. Faktor psikologi siswa dalam upaya mencapai tujuan belajar adalah tanggung jawab. Siswa yang memiliki tanggung jawab tinggi akan mampu mempersiapkan diri dengan baik sebagai langkah awal dalam mencapai tujuan belajar, akan tetapi masih banyak siswa yang belum mampu mempersiapkan dirinya untuk mencapai tujuan belajar. Tanggung jawab belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor internal dan eksternal yang memiliki peran penting dalam mencapai tujuan belajar. Faktor internal yang mempengaruhi tanggung jawab belajar adalah motivasi dalam diri siswa. Siswa yang memiliki motivasi yang tinggi akan lebih bertanggung jawab dalam belajarnya. Faktor eksternal juga memiliki peran penting dalam menumbuhkan tanggung jawab belajar siswa, yaitu perhatian orangtua dan lingkungan belajar. Motivasi dari dalam diri merupakan hal penting yang harus dimiliki siswa guna memunculkan sikap tanggung jawab belajar siswa. Motivasi yang tinggi dalam belajar merupakan faktor penting guna mencapai tujuan belajar, akan tetapi perlu adanya motivasi dari luar diri siswa yaitu perhatian orangtua dan lingkungan untuk lebih menumbuhkan tanggung jawab belajar siswa. Tanggung jawab belajar dapat tumbuh melalui perhatian orangtua dan lingkungan belajar. Perhatian orangtua serta lingkungan belajar akan membantu siswa dalam mengembangkan dan mempertahankan motivasi yang telah dimiliki dari dalam dirinya.
Beragam masalah yang dihadapi oleh siswa untuk dapat bertanggung jawab dalam belajar antara lain kurangnya perhatian orangtua dan lingkungan yang kurang mendukung tidak terkecuali di SMP Jaya Manggala School Kota Tangerang. Banyaknya siswa yang kurang memiliki tanggung jawab belajar, menurut penjelasan Kepala Sekolah SMP Jaya Manggala School hal ini dapat dilihat dari beberapa hasil belajar siswa yang kurang baik. Kesibukan orangtua siswa yang bekerja serta lingkungan belajar yang kurang nyaman menjadi salah satu penyebab kurangnya tanggung jawab belajar. Siswa masih banyak yang jarang mengerjakan tugas dan pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru, serta nilai siswa yang masih banyak di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).
Berdasarkan beberapa pengertian di atas dapat diduga bahwa perhatian orangtua dan lingkungan belajar merupakan faktor yang mempengaruhi tanggung jawab belajar siswa. Akan tetapi, belum diketahui apakah terdapat pengaruh perhatian orangtua dan lingkungan belajar terhadap tanggung jawab belajar siswa di SMP Jaya Manggala Karawaci Tangerang. Untuk mengetahui pengaruhnya, peneliti tertarik mengadakan penelitian dengan judul “Pengaruh Perhatian Orangtua dan Lingkungan Belajar terhadap Tanggung Jawab Belajar Siswa di SMP Jaya Manggala School Karawaci Tangerang”.
Selengkapnya, silahkan unduh